Email
Password :
REGISTER MEMBER BARU
Lupa Password
 
Managed by :
Permata Harapan
www.indocancer.com


 
Search
 
KANKER
 
Serviks Uteri
Ovarium
Endometrium
Payudara
Leukemia
Kanker Lain
 
 
  LINK
 
ESGO (European Society of Gynecology Oncology)
IGCS (The International Gynecologic Cancer Society)
DoctorHandbook.com
INASGO ( Indonesian Society of Gynecologic Oncology )
ASGO (Asian Society of Gynecologic Oncology)
 
 
 
  STATISTIK

Page Views : 2098701

 
 
KANKER
 
 
Vaksin untuk Kanker Mulut Rahim (Serviks)


Vaksin untuk Kanker Mulut Rahim (Serviks)

Kanker mulut rahim (serviks uteri) adalah keganasan terbayak pada wanita .Penyebab kanker serviks, 98 % adalah Virus Human Papiloma (HPV). Dari beberapa type virus HPV, type 16 dan 18 adalah penyebab utama kanker serviks uteri.Penularan virus HPV terutama adalah melalui hubungan seksual. Lebih dari 500.000 wanita meninggal setiap tahun karena kanker serviks. DNA HPV (Human Papillomavirus) di Jakarta ditemukan 96 % positif.

Genome HPV terdiri dari unsur transkripsi (E1,2,4,5,6,7) yang bersifat onkogen dan L1 dan L2 yang akan membentuk kapsid bersifat imunogenik. HPV dibagi menjadi HPV resiko rendah (6,11) dan resiko tinggi (16, 18, 34, 35, 56, 58, 59, 73 dsb). Resiko tinggi berpotensi menimbulkan kanker serviks. Lebih dari 80% DNA HPV yang ditemukan adalah tipe 16 dan 18. Sedang tipe 6 dan 11 menimbulkan genital wart atau condyloma accuminatum (kutil).
Perkembangan kanker serviks bersifat progresif, namun pada tahap awal infeksi HPV dapat terjadi regresi spontan. Saat ini,vaksinasi telah digunakan untuk mencegah berkembangnya kanker serviks bila seorang wanita terinfeksi oleh virus HPV.

Umur berapakah  mulai vaksinasi ?
Vaksin diberikan pada kelompok umur 11-26 tahun dan dapat dikelompokkan menjadi : a). Kelompok 11-12 tahun (Sekolah Dasar); b) 13-15 tahun (SMP) dan c) 16 – 25 tahun (SMA atau Pendidikan Tinggi). d) 26-55 tahun. Di luar itu dapat di jaring  dari wanita yang datang ke fasilitas kesehatan anak atau obstetri dan ginekologi.Pemeriksaan  identifikasi DNA (hibrid capture) tidak diperlukan sebelum vaksinasi

Berapa kali diperlukan vaksinasi ?
Vaksin diberikan pada bulan 0,1 dan bulan ke 6
Wanita dengan riwayat terinfeksi HPV atau lesi prakanker dapat diberikan meskipun efektivitas lebih kurang.Wanita hamil dan menyusukan tidak direkomendasikian.Vaksinasi hanya untuk pencegahan dan bukan untuk pengobatan

Dimana bisa mendapatkan vaksinasi ?, Mahalkah ?
Tentunya ada bisa melakukan vaksinasi di dokter Kandungan, dokter Anak ( untuk kelompok umur anak )demikian juga bisa di dokter umum.Saat ini, lumayan mahal. Untuk  1 seri vaksinasi ( 3 x suntik, bulan o, 1 dan 6 ), diperlukan dana lebih dari 3 juta. Informasi terakhir, CERVARIX, saat ini tersedia dengan harga turun ( 1/2 harga, sehingga cukup sekitar 1, 5 juta untuk 3 kali vaksinasi ), dengan tujuan tentunya lebih banyak wanita yang terproteksi dari kanker serviks dengan menggunakan vaksin tersebut.



Apakah saat ini vaksin sudah tersedia ( di Indonesia ) ?
Ya, ada dua jenis vaksin yang tersedia saat ini.

Akhirnya, lakukanlah pemeriksaan berkala kesehatan anda, lakukanlah Pap Smear untuk deteksi dini dan anda dapat mulai konsultasi dengan dokter anda, perlukah vaksinasi ? Mencegah selalu lebih baik dibanding mengobati. Take a good care of yourself.




   

Home | Profile | Forum | Konsultasi | Kontak Kami | Donasi |

Copyright © 2008 indocancer.com. All rights reserved